Selasa, 15 November 2016

5 R SMAGA



Dalam mensukseskan program Adiwiyata, SMA N 3 Boyolali menerapkan konsep 5R dalam program adiwiyatanya.Berikut penjelasannya :
1.      Reduce ( Mengurangi )
Reduce atau pengurangan adalah kegiatan mengurangi pemakaian atau pola perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah serta tidak melakuka pola konsumsi yang berlebihan. Contohnya menggunakan alat-alat makan atau dapur yang tahan lam dan berkualitas sehingga memperpanjang masa pakai produk.
2.      Reuse ( Menggunakan Kembali )
Reuse atau penggunaan kembali adalah kegiatan menggunakan kembali material atau bahan yang masih layak pakai. Sebagai contoh, kantong plastik atau kantong kertas yang umumnya didapat dari hasil kita belanja,sebaiknya tidak dibuang tetapi dikumpulkan untuk digunakan kembali saat dibutuhkan. Contoh lain adalah menggunakan baterai isi ulang. 
3.      Recycle( Mendaur ulang )
Recycle atau mendaur ulang adalah kegiatan mengolah kembali atau mendaur ulang. Pada prinsipnya, kegiatan ini memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk dapat digunakan lebih lanjut. Contohnya adalah memanfaatkan dan mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos.
4.      Replace ( Menggunakan kembali )
Replace atau penggatian adalah kegiatan untuk menggati pemakaian suatu barang atau memakai barang alternatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Upaya ini dinilai dapat mengubah kebiasaan seseorang yang mempercepat produksi sampah. Contohnya, mengubah menggunakan kantong plastik atau kertas belanjaan dengan membawa tas belanja sendiri yang terbuat dari kain.
5.      Replant ( Menanam kembali )
 Replant atau penanaman kembali adalah kegiatan melakukan penanaman kembali. Contohnya melakukan kegiatan kreatif seperti membuat pupuk kompos dan berkebun di pekarangan rumah. Dengan menanam bbeberapa pohon, lingkungan akan menajdi indah dan asri, membantu pengaturan suhu pada tingkat lingkungan mikro (sekitar rumah sendiri ), dan mengurangi konstribusi atas pemanasan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar